Training AOSI #9:Laporan Build Mobile Apps using Phonegap

pelatihan moodle Kegiatan Training AOSI : Build Mobile Apps using Phonegap dilaksanakan pada tanggal 19 November 2014 pukul 09.00 WIB. Training ini dilaksanakan di Kampus A STT-NF, Graha Nurul Fikri Computer. Jl. Margonda Raya No.522 Depok 16424. Kegiatan dibuka oleh Bapak Sirojul selaku trainer dengan memperkenalkan AOSI dan Nurul Fikri.

Selanjutnya Bapak Sirojul memulai training dengan menjelaskan tentang perkembangan berbagai macam platform dan menanyakan sejauh mana pengetahuan peserta training mengenai Pembuatan aplikasi mobile.

Setelah itu Bapak Sirojul menjelaskan tentang Aplikasi open Source yang digunakan dalam mebuat aplikasi mobile, yaitu Phonegap. Berikut hal-hal yang dijelaskan antara lain :

– Keuntungan Phonegap

– Apache Cordova

– Konsep Phonegap

– Standar Base Phonegap yaitu : HTML 5 + CSS +  JavaScript

– Library JavaScript

– Contoh Aplikasi Mobile yang dibuat menggunakan Phonegap

Kemudian, Bapak Sirojul menjelaskan mengenai tools yang dibutuhkan agar Phonegap dapat berjalan pada PC masing-masing. Proses instalasi berlangsung selama kurang lebih 15 menit. Tools yang dibutuhkan yaitu :

– JDK + ANT

– ADT + Eclipse IDE

– PhoneGap Library

Setelah proses instalasi selesai Bapak Sirojul mengajarkan langkah-langkah yang harus dilakukan saat pertama kali menginstal phonegap. Seperti membuat variabel baru pada Environment Variables dan menggenerate Cordova jar dengan menggunakan command prompt.

pelatihan moodleSetelah sesi tanya jawab kemudian peserta training diberikan cofee break dan makan siang.

Seusai makan siang, Bapak Sirojul memulai training sesi sore yaitu :

– Membuat contoh project aplikasi mobile sederhana menggunakan Phonegap

Bapak Sirojul mengajarkan mulai dari struktur direktorinya, script html, hingga emulator bisa berjalan sesuai script yang telah dibuat. Bapak Sirojul juga memberikan beberapa contoh kasus dalam pembuatan aplikasi mobile. Peserta training diberikan kesempatan untuk mengeksplor library pada aplikasi tersebut.

Diselingi dengan coffe break.

Setelah itu Bapak Sirojul mengajarkan penggunaan Responsive Web Design menggunakan Bootstrap. Para peserta mengikuti langkah-langkah yang diajarkan agar aplikasi yang dibuat Responsive.

Setelah sesi sore selesai, training ditutup dengan review materi oleh trainer dan peserta training mengisi feedback form.

Leave a Reply

Skip to toolbar