Training AOSI #7:Laporan Elearning Essential: Dasar-Dasar Menggunakan Moodle

pelatihan moodleAOSI melaksanakan Training yaitu Elearning Essential : Dasar-dasar Menggunakan Moodle yang dilaksanakan pada 17 September 2014, Jam 09:00 s/d 17:00 WIB, Training ini dilaksanakan di Inixindo, Rukan Permata Senayan E2-E5. Jalan Tentara Pelajar 5, Jakarta 12210.

Tujuan Training Elearning Essential : Dasar-dasar Menggunakan Moodle ini adalah untuk meningkatkan efektifitas pengajaran, training dan evaluasi SDM.

Materi Training diberikan oleh Bpk. Prihantoosa Supraja sebagai Trainer dengan jumlah peserta training sebanyak 9 orang terdaftar, 2 Orang tidak hadir, dan 7 orang hadir. Kelengkapan yang diberikan pada saat training yaitu Absensi, Feedback Form, Snack dan Makan Siang serta Sertifikat.

Kegiatan dimulai pada pukul 09:00 Pak Prihantoosa sebagai trainer memulai kegiatan training dengan memperkenalkan diri, berkenalan dengan peserta dan mulai mengenalkan Moodle.

Selanjutnya, Pak Prihantoosa mengajarkan cara register ke kelasku.or.id pada sistem operasi ubuntu, windows, maupuin MAC. Semua peserta mencoba melakukan registrasi (selama 15 menit).

 

Setelah proses persiapan (instalasi aplikasi) selesai, Pak Prihantoosa memulai training sesi pagi dengan menjelaskan materi sebagai berikut:

  1. Menjalankan berbagai aktivitas student/siswa.
  2. Melakukan peranan guru, tutor dan pemateri dalam aplikasi ini.
  3. Pembuatan berbagai materi atau aktivitas pengajar sebagai conten creator

Selain menjelaskan dan mengajarkan cara-cara penggunaan modul-modul tersebut, Pak Prihantoosa juga memberikan beberapa contoh kasus. Beberapa pertanyaan juga diajukan oleh peserta training yaitu mengenai kasus-kasus tertentu. Peserta training diberi kesempatan untuk mencoba mengeksplore.

Setelah sesi tanya jawab kemudian peserta training diberikan cofee break dan makan siang Setelah makan siang, Pak Prihantoosa memulai training sesi sore yaitu :

  1. Pengantar Instalasi Moodle, (cron, setup infrastruktur).
  2. Studi kasus pada bidang pendidikan : “Moodle di sekolah dan Universitas
  3. Studi kasus pada dunia bisnis : “ Moodle untuk Salesforce Team”
  4. Evaluasi dan diskusi

Setelah sesi sore selesai, training ditutup dengan review materi oleh trainer dan peserta training mengisi feedback form.

 

Leave a Reply

Skip to toolbar