Laporan Training AOSI #4 : Implementasi Open ERP

training4Kegiatan Training AOSI : OpenERP dilaksanakan pada tanggal 21 April 2014 pada pukul 09.00 WIB. Kegiatan dibuka oleh Pak Ashari dengan memperkenalkan AOSI beserta visi dan misinya ditambah dengan mempromosikan kegiatan ICROSS yang berlangsung pada 23-24 April 2014 di Surabaya. Setelah itu Pak Muhammad Fahreza sebagai trainer memulai kegiatan training dengan mengenalkan OpenERP dan menanyakan sejauh mana pengetahuan peserta training mengenai OpenERP.

20140421_090101Selanjutnya, Pak Fahreza mengajarkan cara instalasi OpenERP pada sistem operasi ubuntu, windows, maupuin MAC. Semua peserta mencoba melakukan instalasi (selama 15 menit). Kemudian dilanjutkan dengan penggunaan openERP yang dimulai dari pembuatan database hingga aplikasi openERP siap digunakan, instalasi modul-modul aplikasi seperti Sales, Produksi, Accounting, Manufacturing, Human Resources, Reporting, dan lain-lain. Setelah proses persiapan (instalasi aplikasi) selesai, Pak Fahreza memulai training sesi pagi dengan menjelaskan mengenai menu-menu pada openERP dan penggunaannya yaitu sebagai berikut:
1.Modul Sales, bagaimana tahapan membuat quotation, invoice, dan sales order.
2.Modul Accounting, bagaimana tahapan pengecekan product dan journal.
3.Modul Setting, bagaimana membuat akun dan mengatur akses terhadap menu-menu yang tersedia
Selain menjelaskan dan mengajarkan cara-cara penggunaan modul-modul tersebut, Pak Fahreza juga memberikan beberapa contoh kasus. Beberapa pertanyaan juga diajukan oleh peserta training yaitu mengenai kasus-kasus tertentu. Peserta training diberi kesempatan untuk mencoba mengeksplore OpenERP selama “Hands On” time dengan arahan dari asisten trainer Pak Fadhlullah dan Pak Joen Nadhir.
Setelah sesi tanya jawab kemudian peserta training diberikan cofee break dan makan siang.
Setelah makan siang, Pak Fahreza dan Pak Fadhlullah memulai training sesi sore yaitu :
1.Modul Sales dan Purchase, bagaimana mengontrol Invoice dan Product. Juga dijelaskan mengenai trik mengatur permintaan product.
2.Modul Manufacturing
3.Modul Warehouse
4.Modul Human Resources, bagaimana mengatur akun karyawan, pengelompokkan akun berdasarkan jabatan dan hak akses, perhitungan dan penambahan gaji, cuti, dan lain-lain
5.Kustomisasi modul-modul OpenERP melalui GUI , databse, maupun coding.
6.Sesi tanya jawab dan percobaan beberapa contoh kasus yang mungkin terjadiSetelah sesi sore selesai, training ditutup dengan review materi oleh trainer dan peserta training mengisi feedback form.

Leave a Reply

Skip to toolbar