Laporan Training AOSI #3: Digital Magazine Publication

aosi3AOSI telah melaksanakan Training ketiganya yaitu Digital Magazine Publication yang dilaksanakan pada 29 Mei 2013, Jam 09:00 s/d 16:00 WIB, Training yang ketiga ini dilaksanakan di Menara MTH Lat 6, Jalan MT Haryono Kav 23, Jakarta Selatan. Tujuan Training Digital Magazine Publication ini adalah untuk mengenalkan kepada siapapun yang ingin mulai masuk kedunia publikasi digital yang dinamis. Belajar langsung dari pakar dibidang publikasi digital. Mengalami sendiri proses membuat publikasi digital dari proses awal hingga selesai menggunakan teknologi termutakhir yang ada. Memahami model bisnis sebuah media digital.

Materi Training diberikan oleh Bapak Rachman Ibrahim, dengan jumlah peserta training sebanyak 10 orang terdaftar, 3 Orang tidak hadir, dan 7 orang hadir. Kelengkapan yang diberikan pada saat training yaitu absensi, Feedback Form, Snack dan Makan Siang serta Sertifikat.

Training di mulai pada pukul 09.00. Kegiatan dibuka oleh Pak Ashari dengan memperkenalkan AOSI dan visi misinya ditambah dengan mempromosikan tentang keanggotaan AOSI. Setelah itu Pak Rachman Ibrahim sebagai Trainer memulai kegiatan training dengan mengenalkan “HTML5 ?”.

Setelah memperkanalkan HTML5, Pak Rachman Ibrahim kemudian memperkenalkan Platform Publikasi Digital mulai dari pengetahuan umum dan awal perkembangannya sampai saat ini dan juga memberikan perkembangan dunia Opensource lainnya seperti perkembangan Ubuntu dan Linux.

Beliau juga menceritakan perkembangan Opensource di tanah air
dari awal kemunculannya sampai saat ini. Setelah itu beliau memulai training sesi pagi dengan melakukan beberapa hal yang telah disusun dibawah ini :
1. Melakukan Instalasi aplikasi / perangkat lunak yang dibutuhkan (Adobe Photoshop dan Adobe InDesign).
2. Menjelaskan mengenai fitur-fitur yang terdapat pada perangkat lunak yang sudah diinstall.
3. Melakukan sesi tanya jawab seputar perangkat lunak yg digunakan dan mengenai publikasi majalah digital, setelah penjelasan mengenai fitur-fitur perangkat lunak selesai.
Setelah sesi tanya jawab kemudian peserta training diberikan cofee break dan makan siang.

Setelah makan siang, Pak Rachman Ibrahim memulai training sesi sore yaitu :
1. Menyusun materi publikasi yang sudah dipersiapkan sebelumnya.
2. Menggunakan perangkat lunak yang sudah terinstall untuk membuat aplikasi majalah digital.
3. Memasukkan materi publikasi yang telah disiapkan
4. Melakukan publikasi
5. Mengelola publikasi menggunakan Android Market dan myedisi.com sesuai dengan arahan yang diberikan oleh Pak Rachman Ibrahim.

Setelah semua materi training selesai diberikan kepada para peserta. Kemudian training Digital Magazine Publication ditutup pada jam 16.00 wib.

 

 

Leave a Reply

Skip to toolbar