Indonesia Berguru Open Source dari Brasil

OpenSource150Jakarta – Brasil tak hanya mahir dalam bermain sepakbola. Implementasi Open Source di lembaga pemerintah juga sukses dijalankan Negeri Samba ini.

Hal itulah yang membuat pemerintah Indonesia kepincut dan ingin berguru kepada Brasil soal penerapan Open Source di institusi pemerintahan.
Dikatakan Lolly Amalia, Direktur Sistem Informasi Ditjen Aptel Depkominfo, Brasil terbilang sukses dalam mengimplementasi dan memberikan contoh konkret kelebihan dari Open Source.

“GDP mereka terbukti naik setelah pakai Open Source. Makanya kita undang mereka (praktisi Open Source Brasil-red.) ke acara ini (Global Conference on Open Source-red.). Biar mereka bisa sharing ilmu dan pengalaman,” tukasnya di Hotel Shangrila Jakarta, Senin (26/10/2009).

Tak hanya praktisi Open Source dari Brasil saja yang tampil di acara GCOS ini. Namun juga Duta Besar Brasil untuk Indonesia ikut sharing ilmu ke sekitar 500 peserta yang hadir.

Indonesia sendiri, berdasarkan surat edaran dari Kementerian Pendayaan Aparatur Negara pada Maret lalu, mewajibkan seluruh lembaga pemerintah sudah harus mengadopsi software Open Source di akhir 2011 nanti.

Alhasil, sejumlah departemen dan pemerintah daerah pun dilaporkan sudah mengambil ancang-ancang untuk bermigrasi dari aplikasi proprietary.

“Ini harus tuntas di akhir 2011,” tegas Menkominfo Tifatul Sembiring, di tempat yang sama. (ash/faw)

Sumber : Ardhi Suryadhi – detikinet

Leave a Reply

Skip to toolbar