FAQ SEPUTAR MIGRASI DISEKOLAH

Apa indikator suatu sekolah mulai melakukan migrasi FOSS ?

Kami membaginya menjadi 3 (tiga) indikator :

  1. Indikator Komunitas : Bisa jadi sekolah yang dimaksud belumlah memiliki rencana untuk bermigrasi sama sekali, tapi telah ada komunitas siswa dan/atau guru yang aktif mempelajari dan mengajarkan Open Source. Ini adalah indikator awal bahwa lembaga pendidikan bersangkutan memiliki potensi bermigrasi ke Open Source.
  2. Indikator Praktika Pembelajaran : Walau belum menjadi kebijakan resmi sekolah, beberapa pengajaran di sekolah, misalnya KPPI telah menggunakan perangkat-perangkat lunak FOSS seperti OpenOffice atau LibreOffice. Ini juga menjadi indikator bahwa lembaga pendidikan yang bersangkutan memiliki potensi untuk bermigrasi ke Open Source
  3. Indikator Kebijakan Resmi Sekolah : Indikator terakhir ini adalah indikator utama yang menunjukkan bahwa lembaga pendidikan bersangkutan telah berencana mengimplementasikan FOSS ke dalam seluruh kegiatannya, baik dalam KBM maupun administratif. Ditandai dengan adanya Surat Keputusan dari pejabat lembaga setingkat Ketua Yayasan atau Kepala Sekolah

Bagaimana interaksi dengan AOSI untuk ketiga tahapan diatas ?

Jika lembaga pendidikan anda masuk dalam kategori pertama, anda dapat meminta bantuan AOSI dalam upaya memperkuat komunitas yang sudah ada. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menguatkan gaung FOSS di lembaga pendidikan bersangkutan.

Jika lembaga pendidikan anda masuk dalam kategori kedua, anda dapat meminta bantuan AOSI untuk hal-hal yang terkait perbandingan dan penguatan kurikulum, sharing ke komunitas pendidikan berbasis FOSS yang lebih luas dan hal-hal yang terkait supporting, seperti teks book untuk Mata Ajar berbasis FOSS dan lain-lain.

Jika lembaga pendidikan anda masuk dalam kategori ketiga, anda dapat meminta bantuan AOSI untuk supervisi migrasi

Lembaga-lembaga Pendidikan Mitra

  1. Yayasan Taman Pendidikan Nahdlatul Ulama, Pasuruan
  2. SMA Negeri 1 Lasem, Kabupaten Rembang
  3. SMK Negeri 1 Kedungwuni RSBI, Kabupaten Pekalongan
  4. Sekolah Islam Terpadu Ummul Quro, Bogor
  5. SMK Nurmadinah, Bandung
  6. SMK IT Airlangga, Samarinda
Skip to toolbar