Laporan Kegiatan ICROSS 23-24 April 2014 di Surabaya

Bu-Risma-6-200x133Tujuan dari diselenggarakan ICROSS 2014 ini adalah untuk memperluas wawasan dari industri maupun regulator untuk lebih terlibat dalam rangka menumbuh kembangkan industri berbasis teknologi Open Source kedepannya sekaligus membuka wawasan bagi industri dan regulator untuk mengkaji dan memahami tantangan penerapan Open Source dan karenanya baik dari industri dan regulator kedepan akan dapat mempersiapkan solusi untuk menjawab tantangan tersebut sehingga manfaat teknologi open source bisa diraih seara optimal di Indonesia.

Kegiatan ICROSS 2014 dilaksanakan pada tanggal 23-24 April 2014. Pukul 09:00 kegiatan dibuka oleh Bpk. Ifik Arifin (Ketua Pelaksana ICROSS), Ibu Betti Alisjahbana (Ketua Umum AOSI) dengan memperkenalkan AOSI beserta visi dan misinya ditambah dengan mempromosikan kegiatan ICROSS yang berlangsung pada 23-24 April 2014 di Surabaya. Bu Betti Alisjahbana, selaku Ketua Umum AOSI, memberikan kata sambutan dan pengantar terkait pelaksanaan ICROSS 2014 di Surabaya ini. Bu Betti mengutarakan ringkasan susunan materi acara ICROSS 2014 yang mencakup seminar, workshop maupun kompetisi. Beliau juga menyampaikan bahwa ICROSS kedua ini terselenggara atas dukungan dari berbagai pihak yaitu : Ibu Risma (Walikota Surabaya), ID SIRTII, BP3TI, Ristek, Telkom Indonesia, Kominfo, Microsoft Indonesia dan Pandi.

 

No

Item

Keterangan

1

Nama Kegiatan ICROSS 2014

2

Kegiatan Terkait Sebelumnya ICROSS 2013 & Rapat-Rapat Persiapan ICROSS 2014

3

Waktu Pelaksanaan 23-24 April 2014

4

Lokasi Hotel Bumi SurabayaJl. Jend. Basuki Rahmat 106 – 128Surabaya.

5

Tujuan ICROSS Tujuan dari diselenggarakan ICROSS 2014 ini adalah untuk memperluas wawasan dari industri maupun regulator untuk lebih terlibat dalam rangka menumbuh kembangkan industri berbasis teknologi Open Source kedepannya sekaligus membuka wawasan bagi industri dan regulator untuk mengkaji dan memahami tantangan penerapan Open Source dan karenanya baik dari industri dan regulator kedepan akan dapat mempersiapkan solusi untuk menjawab tantangan tersebut sehingga manfaat teknologi open source bisa diraih secara optimal di Indonesia.

6

ICROSS 2014 Didukung Oleh Ibu Tri Rismaharini (Walikota Surabaya), ID SIRTII, BP3TI, Ristek, PT. Telkom Indonesia, Kementrian Kominfo, Microsoft dan Pandi.

7

Pemberi Materi Ibu Tri Rismaharini (Walikota Surabaya), Budi Priyono (Staf Ahli Menteri Kominfo), Betti Alisjahbana (Ketua Umum AOSI), Teddy Sukardi (Ketua Umum IKTII), Kominfo Dinas Propinsi, Kominfo Kota Surabaya, Andi Budimansyah (PANDI), Tony Seno Hartono (PT. Microsoft Indonesia), Didik Partono (AOSI), Arman Satari (Praktisi Open Source), Rusmanto (AOSI), Dimas Kusuma (Indonesia Backtrack Team), Alfian/Faisol, Ferry Astika Saputra, Yanuar, Sudarko, Ibenk Dwi Anggono (Kemen Kominfo), Tiur Lumban Gaol (Alfresco / PT. Softbless), Resha/ Gita, DR Bob Hardian/ Tonny A. Sabastian (Tim Raspberry Pi – Universitas Indonesia) dan masih banyak lagi.

8

Summary Kegiatan

 

 

 

 

 

 

Day #1

    Pukul 09.00

 

Kegiatan ICROSS 2014dilaksanakan pada tanggal 23-24 April 2014. Pukul 09:00 kegiatan dibuka oleh Bpk. Ifik Arifin (Ketua Pelaksana ICrOSS), Ibu Betti Alisjahbana (Ketua Umum AOSI) dengan memperkenalkan AOSI beserta visi dan misinya ditambah dengan mempromosikan kegiatan ICROSS yang berlangsung pada 23-24 April 2014 di Surabaya.

ISYANA Room : Pembukaan    

Bu Risma 6

  Ibu Betti Alisjahbana

Pembukaan 7

Bu Betti Alisjahbana, selaku Ketua Umum AOSI memberikan  kata sambutan  dan pengantar terkait pelaksanaan ICROSS 2014 di Surabaya ini. Bu Betti mengutarakan ringkasan susunan materi acara ICROSS 2014 yang mencakup seminar, workshop maupun kompetisi. Beliau juga menyampaikan bahwa ICROSS kedua ini terselenggara atas dukungan dari berbagai pihak yaitu : Ibu Risma (Walikota Surabaya), ID SIRTII, BP3TI, Ristek, Telkom Indonesia, Kominfo, Microsoft Indonesia dan Pandi.

Ibu Tri Rismaharini (Walikota Surabaya)
IMG-20140425-WA0099 

Dalam sambutannya, Ibu Tri Rismaharini atau yang biasa disapa dengan Bu Risma, sangat senang bahwa ICROSS melakukan kegiatannya di kota Surabaya. Beliau dalam kesempatan ini menyampaikan kondisi penerapan ICT di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya, saat ini sudah ada lebih dari 600 CCTV yang terpasang di kota Surabaya. Penerapan sistem informasi sudah hampir menyeluruh disemua lini, mulai dari eproc, sistem puskesmas, pemantauan ketinggian air, pemantauan kemacetan, pendaftaran siswa, pendaftaran dan seleksi kepala sekolah, raport online dan masih banyak lagi.

Sistem notifikasi juga sudah terimplementasi dengan baik, seluruh pejabat akan menerima notifikasi atas keterlambatan pelayanan atas permintaan masyarakat. Keterlambatan 1 hari akan ternotifikasi ke atasan. Keterlambatan 2 hari akan naik ke atasan yang lebih tinggi lagi, dan bila sampai 7 hari (atau bahkan bisa lebih cepat) masih belum terlayani, notifikasi akan sampai ke Bu Risma sendiri. Surabaya sudah banyak mendapatkan penghargaan baik dari nasional maupun internasional yang salah satu aspek utamanya adalah karena adanya dukungan implementasi ICT yang sangat intens di hampir semua lini pemerintahan. Bulan Mei ini, kota Surabaya akan mendapat penghargaan dari Presiden SBY. Surabaya akan sangat senang bila dijadikan rujukan atas pengembangan e Goverment atas pemda lain. 

Ibu Septrina Tangkari dari Kominfo :
septriani - crop 

Kominfo PII memiliki program tahunan yang akan segera bergulir lagi tahun ini yaitu INAICTA 2014. Ibu Septi menghimbau agar para peserta ICROSS bisa berpartisipasi di dalamnya. Apabila para peserta ICROSS 2014 memiliki aplikasi atau content positif, dipersilakan didaftarkan di INAICTA 2014, dan juga bila ada teman yang memiliki aplikasi atau content positif, silakan didaftarkan juga di INAICTA. Banyak kategori yang bisa dipilih. Silakan daftarkan terobosan-terobosan teknologi atau kreatifitas yang dapat memberikan kontribusi nyata bagi Indonesia.

Dewan Juri berasal dari luar Kominfo dari berbagai latar belakang yang berbeda beda, sehingga INAICTA akan memberikan hasil penjurian yang objektif. Perlu diketahui bahwa setiap aplikasi atau content yang di submit, tetap merupakan milik pribadi, bukan milik kominfo. Bahkan lebih dari itu, kominfo akan bantu untuk kepengurusan HAKI nya. Pemenang INAICTA tidak bisa lagi diikutkan pada INAICTA berikutnya pada kategori yang sama, tapi bisa diikutkan pada INAICTA berikutnya pada kategori yang berbeda.

Day #1

Pukul 10.00

ISYANA Room : Open Source Global Perspective
(Bapak Andi Budimansyah – Pandi : Pengelola Nama Domain Internet Indonesia)

Pandi 1

Pak Andi Budimansyah selaku Ketua Pandi, menyampaikan bahwa saat ini sangat penting bagi setiap orang untuk memiliki website. Keberadaan domain .id mendukung hal ini dan memunculkan peluang bisnis baru. Namun demikian kita tidak bisa sembarangan dalam mendapatkan id. Setiap nama domain harus ada peruntukannya, ada tujuannya masing-masing dan tidak bisa disamaratakan sehingga salah satu contohnya, tidak bisa co.id diambil oleh perorangan. Pandi juga memberikan alternatif domain id yaitu .biz.id ada juga .my.id. Untuk domain id, nama domain yang diambil harus merupakan nama pemohon atau singkatan atau sebagian dari nama pemohon. Hal ini adalah untuk menghindari cyber quoter yaitu orang-orang yang mengumpulkan domain untuk dijual jual lagi.  Untuk co.id harus ada keterangan kalau nama yang dipilih terkait bisnis pemohon. Pandi tidak menjual secara langsung, Saat ini ada 12 registrar yang membantu Pandi untuk mengurusi pendaftaran domain. Dimana Registrar juga punya reseller-reseller nya masing-masing. Masa aktif domain ada yang 1 tahun, dan ada juga yang 2 atau 3 tahun.

RAJASA Room : Code Jam Software Competition DAY 1

 Code Jam Briefing

Hari pertama pelaksanaan kompetisi Code Jam, diisi dengan sosialisasi informasi mengenai aturan main kompetisi. Hari pertama ini hadir seluruh tim. Pak Heri, selaku ketua Juri membagikan soal kompetisi yang akan dikerjakan oleh seluruh peserta dalam waktu dua hari dimana saat penutupan acara akan diinformasikan pemenangnya, bersama dengan pemenang cyber competition.

 Code Jam 4

AIRLANGGA Room : Security Awarness Computer Emergency Response
(Team Developing CERT in Indonesia)

GAJAH MADA Room : W1D1- Network Security with Kali Linux
(Dimas Kusuma – Indonesia Backtrack Team).

Dihadiri oleh 26 peserta 

WIJAYA ROOM Room : W2D1 – Android Developer Essential
(Alfian/Faisol)
Dihadiri oleh 30 peserta

Day #1

Pukul 11.00

ISYANA Room : Azure, Cloud for Open Sourcen(Tony Seno Hartono – Microsoft)

 Microsoft

Tugas Pak Tony sebagai National Technology Officer adalah membantu implementasi ICT di Indonesia dan juga mencari peluang agar Microsoft bisa berkontribusi atas pengembangan ICT di Indonesia. Microsoft bukan hanya jual windows dan office, tapi juga system integrator dan juga services berbentuk layanan cloud computing. Setelah melakukan penghematan lewat pemilihan teknologi open source, kita juga bisa lakukan penghematan lewat penggunaan cloud sebagai pengurangan belanja hardware. Salah satu tujuan open source adalah untuk menurunkan biaya investasi ICT yaitu dari sisi penghematan pembelian lisensi software. Namun penghematan bisa lebih berlanjut dengan memindahkan infratrukturnya ke cloud.

Microsoft juga mempunyai beberapa bisnis paten, yang memang tidak terlalu terlihat oleh umum. Beberapa teknologi terkenal menggunakan paten Microsoft namun sifatnya B2B.

Microsoft menyediakan free 3 tahun untuk layanan cloud Microsoft yaitu Azure, setelah si pengguna mendapatkan keuntungan dengan nilai tertentu, Microsoft baru akan menetapkan bayaran, dan itupun tergolong sangat murah. Microsoft Azure saat ini memiliki 8 titik lokasi data center untuk Azure, dengan masing-masing data center memiliki kurang lebih 200 ribu server. Menurut Pak Tony, Microsoft Azure saat ini adalah Cloud provider terbesar di dunia dengan investasi mencapai 2,5 Billion Dollar. Saingan terdekat dari Microsft Azure adalah layanan cloud dari Amazon.com.

Cloud dapat diimplementasi dengan 3 pendekatan, yaitu :

  • Infrastructure as a service
  • Platform as a service
  • Software as a services

Data server sekarang bentuk nya adalah dalam bentuk container yang isinya kumpulannya rak server. Dalam container sudah ada listrik, angin (bukan AC), kira kira suhunya 40 derajat celcius. Pengukuran energi di microsoft dilakukan secara detail. Azure.microsoft.com , bisa daftar gratis, tapi ada quotanya. Kalau trafik nya berlebih, layanannya sementara akan terhenti, dan bulan berikutnya akan aktif lagi.

Hybrid cloud, adalah dimana physic server atas cloud, ditempatkan di lokasi kita sendiri terutama untuk data data confidential, namun untuk informasinya bersifat public, server dapat diletakkan di mana mana saja di seluruh dunia dan salah satu pilihannya adalah di azure.microsoft.com. Kita juga bisa membuat suatu sistem dimana database fisik diletakan di lokas kita sendiri, sedangkan authentikasinya ditempatkan di azure.microsoft.com.

Di Azure kita bisa mengembangkan aplikasi dengan berbagai tools development yang sudah disiapkan oleh Microft. Untuk menjelaskan kapasitas Microsoft Azure, Pak Tony menjelaskan bahwa Film Avatar karya James Cameron, bila menggunakan sebuah server konvensional, membutuhkan 700 tahun untuk me-render nya menjadi sebuah film penuh. Azure dalam hal ini, disewa untuk me render film Avatar, dan ternyata bisa selesai dalam beberapa hari saja. Dengan Azure, bisa memilih makanan yang enak sesuai selera kita. Pilih server nya, pilih speed nya, pilih kapasitas yang diberikan. Email server yang sering down, misalnya 12 hari dalam setahun, akan menimbulkan masalah besar yang mengganggu kegiatan operasional dan yang paling penting mengurangi level kepercayaan akan realibilitas system. Hal ini dapat disolusikan dengan gunakan Azure, bisa secara penuh, tapi bisa saja secara sebagian, misalnya storage nya tetap di lokal, hanya autentikasinya yang dititipkan di Microsoft Azure. Azure dapat memfasilitasi berbagai variasi pendekatan layanan cloud.

Blankon Linux, bisa diinstal di Azure, dan aktivitas pengembangannya yang dilakukan secara berkolaborasi juga bisa dilakukan disana. Pay only for what you use, merupakan jargon Cloud yang benar-benar diterapkan pada Microsoft Azure. Sebagai studi kasus, Mexico mempunyai pengelaman untuk mengotomasi sistem pajak dan keuangan mereka. Dengan menggunakan pendekatan konvensional ternyata membutuhkan biaya yang sangat besar yaitu USD 10 jt, akhirnya pendekatannya diganti dengan menggunakan layanan cloud dari Azure dengan biaya USD 300 ribu.

Azure selalu menjaga compliance dengan standard-standard international, sehingga memberikan kepastian realibilitas dan kepastian keamanan untuk semua penggunaanya namun tetap memberikan flexibilitas pilihan produk yang sesuai dengan kebutuhan user-user nya. Pada kasus implementasi Pemerintah China, beberapa datacenter Azure diletakan langsung di China, dimana hal ini adalah karena tuntuan pemerintah China yang tidak memperbolehkan seluruh data untuk keluar dari China.

RAJASA Room : Music And Open Source
(DR Budi Rahardjo, Luqman Rahardjo)

Music in Open Source 

AIRLANGGA Room : Security Awarness Computer Emergency Response Team Developing CERT in Indonesia.

GAJAH MADA Room : W1D1- Network Security with Kali Linux
(Dimas Kusuma – Indonesia Backtrack Team)

WIJAYA ROOM Room : W2D1 – Android Developer Essential
(Alfian/Faisol)

Day #1

Pukul 13.00

ISYANA Room : State of the Dolphin, Oracle MySQL Oracle Asean and SAGE, Singapore(Ricky Setyawan)

Bpk Ricky - Crop

MySQL saat ini adalah Open source database yang paling populer di dunia. Saat Oracle membeli sun microsystem, banyak pihak yang khawatir bahwa MySQL akan dihilangkan, namun kenyataannya tidak demikian, dan terbukti MySQL semakin berkembang. Komunitas MySQL Indonesia, mencapai 14 ribu. Komunitas melakukan test dan feed back atas fitur mysql. Mysql selalu konsiten melakukan update secara berkala. Semua fitur yang di plan, selalu di publish di website. Setiap versi alfa yang ada di perencanaan, selalu dipublish sehingga bisa mendapat feedback secara langsung. Saat MySQL v.5.0 dan v.5.1 mempunyai banyak bugs yang cukup mengecewakan. Namun hal ini diatasi dengan munculnya Mysql v.5.5 yang sambutannya sangat positif. Kemudian dilanjutkan dengan versi 5.6 yang sudah semakint baik sekali. Investasi Oracle pada pengembangan MySQL mencakup Expertise & Innovation. Tim innodb yang dibentuk oleh Oracle adalah yang terbesar sepanjang sejarah MySQL. Tim MySQL bekerja dengan jadwal yang sangat padat yang ditandai dengan adanya 191 worklogs, 1667 bugs fixed, 2909 bugs fixed since 5.5, 911 new MTR test, tripled QA team.  Pengembangan Mysql 5.5 ke mysql 5.6, telah menambahkan 300 ribu baris kode. Saat ini sudah ada versi 5.7 alfa.Mysql 5.6 bisa menggunakan dan mengeksploitasi seluruh kemampuan computing power yang
ada termasuk pengunaan multiprocesor. Untuk kebutuhan untuk kontribusi development Mysql, silakan download versi alfa 5.7 dan berikan silakan memberikan kontribusi serta feedback yang dirasakan perlu. MySQL memiliki beberapa fungsi Utilities yang sangat bermanfaat.  Utilities dibuat dengan menggunakan phyton language, seperti fasilitas untuk export, import dll. Performance schema seperti stored procedure dll sudah semakin bagus. Saat ini MySQL sudah bisa melakukan multithread replication, dulunya per thread hanya 1 database, sekarang, di dalam 1 database bisa banyak thread, syarat nya disjoint database (data yang berbeda) Multisource replication : dulunya yang terjadi adalah 1 master banyak slave, tidak mungkin sebaliknya, tapi mysql 5.7, banyak master dengan 1 slave, sudah dimungkinkan. Mysql utilities saat ini merupakan stand alone packages. MySQL 5.7 juga sudah mendukung implementasi Sharding. Facebook memproses 10 terabyte data per hari dengan menggunakan lebih dari 10 ribu mysql database. Salah satu fitur lain dari Mysql Utilities adalah Fabric. Dengan Fabric, kita bisa melakukan sharding tanpa hardcoding, mySql Fabric yang akan mengatur proses sharding. Untuk perubahan struktur misalnya varchar 10 ke varchar 20 diseluruh database instance, lakukan saja menggunakan Fabric. Fabric yang akan melakukan perubahan di seluruh instance database melalui connector, tidak perlu secara manual. Fitur lainnya adalah MySQL Workbench, yang dapat digunakan, sebagai tools developer / semacam IDE yang sangat bagus untuk pengembangan MySQL. Enterprise Back up, adalah fitur lain dari MySQL Utilities. MySQL backup mengatasi kelemahan mysqldump yang bermasalah pada saat melakukan backup data yang bergerak, dengan MySQL Backup, hal ini sudah tidak masalah lagi, proses backup tetap bisa berjalan normal untuk data yang terus bergerak. Dengan menggunakan MySQL Query Analyzer, proses query dapat dilakukan seoptimal, dimana dengan tools ini query yang running lebih dari 5 detik atau query yang tidak efisien, dapat disolusikan dimana bottleneck nya sehingga menjadi lebih cepat dan tetap akurat. Secara cakupan pasar, Database Oracle banyak dipasangkan dengan enterprise solution seperti SAP, Oracle Apps, OLAP dll, sedangkan sisanya, dengan skala menengah ke bawah dapat  menggunakan MySQL sebagai solusi databasenya.RAJASA Room : Pengembangan Bisnis dengan Open Source
(Arman Satari)AIRLANGGA Room : Computer Emergency Response Team (Sesi 2)GAJAH MADA Room : W3D1 OSS Incident Management
(Ferry Astika Saputra) dihadiri oleh 16 pesertaWIJAYA ROOM Room : W4D1 – Building Your First Mobile Application: With PhoneGap
(Yanuar)

Day #1

Pukul 16.00

 

 

 

 

 

ISYANA Room : OSS Music software Jam bersama Budi Rahardjo, Teddy Sukardi, Didik Partono dan kawan-kawan

 Open Source & Music 2

RAJASA Room : Sistem Keuangan Daerah berbasis Open Source
(Wenwen Ruswendi BPPT)

AIRLANGGA Room : Computer Emergency Response Team (Sesi 2)

GAJAH MADA Room : W3D1 OSS Incident Management
(Ferry Astika Saputra)

WIJAYA ROOM Room : W4D1 – Building Your First Mobile Application: With PhoneGap
(Yanuar)

Day #1

Pukul 19.00

Malam Keakraban Open Source : Sponsor PANDI (Pengelola Nama Domain Indonesia) bersama BandIToS (Band IT Open Source) Budi Rahardjo – Teddy Sukardi – Hammam Riza – Garin Ganis – Didik Partono – Ifik Arifin – Betti Alisjahbana
IMG-20140425-WA0050

image (9)

IMG-20140425-WA0063

IMG-20140425-WA0065

Day #2

Pukul   09.00

Isyana Room : ID SIRTII  – SambutanPola open source yang memberikan kebebasan untuk berkreasi, tapi harus bertanggung jawab. Cyber defence, mampu untuk menahan gangguan terhadap informasi dan infrastrukturnya dan membutkitkan juga bahwa open source tidak kalah dengan aplikasi lainnya. ID Sirti juga berkontribusi dalam pengembangan internet indonesia dan sudah berpartisipasi dalam menjaga keamanan jaringan internet di indonesia.

ISYANA Room : Cyber Defense Competition

 image (7)
RAJASA Room : Relawan TIK Indonesia dan Open Source
(Indriyatno Banyumurti)

Relawan TIK 3
AIRLANGGA Room : Code Jam Software Competition DAY 2

code jam - crop

Code Jam hari kedua, dimulai pagi dimana para peserta langsung melanjutkan pekerjaan mereka dalam membuat situs rekapitulasi pemilu untuk beberapa hasil pencoblosan. Dimana sore harinya, penjurian akan dilakukan untuk menentukan pemenangnya. Peserta Code Jam adalah Tim Suhat : Ahmad Afif Hardiyansyah,  Muhammad Fariz Arya Brahmantiya Putra Tama, Vika Nuraini, Tim Stiki Malang : M. Zamroni, Anita, Meivi Kartikasari, Djohan Erica, Tim Lontong Balap : Masngud, Setyabudi, Rizaldi, Nurvan Indra Praja, Deddy Karyadi, Tim Atos (Anak Teknik Open Source) – Stikom : Muhammad Hassanudin, Tanrti Midrawan, Rosi Nanda Amalia, Tim Ayobos : Lucky Fernanda & Rahmad Santosa, Mochammad Mustain, Tim Haminsatu – Unair : Pasha Trylaksan Wiraharja, Muhammad, Habbi Rizal Alfath, Tim Gipsy Danger : Baharudin Yusuf, Riza Budi, Lailu Rahmaniah, Tim Awus 2014 –  (Arek Web Uditomo Surabaya)  : Aris Dian Pratama, Iqbal, Jairmeesos, Tim Sosis Goreng – Stikom : Zayed Efkasa, Layl Suyana dan  Tim S3 D4 ITB : Iqbal Shabirin, Surya Dewangga Perdana Pulra, Iman Isfahani.

GAJAH MADA Room : W1D2 – Getting Started with node.js
(Anwari) dihadiri oleh 9 peserta

 Node JS Pak Anwari 1
WIJAYA ROOM Room : W2D2 – Raspberry Pi – Internet of Things
(DR Bob Hardian/ Tonny A. Sabastian) dihadiri oleh 26 peserta

 image (14)

 

Day #2

Pukul 10.00

 

 

ISYANA Room : Cyber Defense Competition

Cyber Comptetition 2
RAJASA Room : Relawan TIK Indonesia dan Open Source
(Indriyatno Banyumurti)

 Relawan TIK 2


 

Day #2

Pukul   10.00

AIRLANGGA Room : Code Jam Software Competition DAY 2

 Code Jam Competition 3
GAJAH MADA Room : W1D2 – Getting Started with node.js
(Anwari)

Node JS Pak Anwari 2
WIJAYA ROOM Room : W2D2 – Raspberry Pi – Internet of Things
(DR Bob Hardian/ Tonny A. Sabastian)

Raspberry Pi Pak Bob 1

Day #2

Pukul   11.00

ISYANA Room : Cyber Defense Competition

 Cyber Compet 15
RAJASA Room : Relawan TIK Indonesia dan Open Source
(Indriyatno Banyumurti)

Relawan TIK 8
AIRLANGGA Room : LPSE /Layanan Pengadaan Secara Elektronik
(Bapak Ikak G. Patriastomo)

 image (8) 

Pak Ikak G. Patriastomo selaku Deputi Bidang Monitoring Evaluasi & Pengembangan Sistem Informasi, menyampaikan bahwa saat ini baru 30% dari seluruh proses lelang yang menggunakan eproc. Kalau belum menggunakan, maka kemungkinan besar memang bermasalah atau bertendensi pada kecurangan. LKPP membangun teknologi procurement dengan sebagian besar tenaga programmer dari Surabaya (ITS). Strategi dalam pengembangan e Proc, dengan pendekatan: selalu mulai dari yang kecil saja. Jangan dibandingkan e Proc dengan ERP yang akan menambah kerumitan pemikiran. Di tahap awal, tim eProc LKPP hanya mengganti proses lelang yang tadinya pakai kertas menjadi elektronik, kemudian berkembang terus. Saat ini ada marketplace dengan LKPP sebagai pemilik tokonya, dengan isinya adalah perusahaan-perusahaan penyedia jasa atau produk.

LKPP sempat mendukung Bu Risma di tahun 2003 dan 2004 dalam pengembangan dan implementasi eProc di Kota Surabaya, dimana prosesnya saat itu penuh perjuangan untuk melakukan implementasi dan penggunaannya. Jadi keberhasilan implementasi eProc, memang membutuhkan waktu. Semangat ke depannya adalah 100% eProc di seluruh pemerintahan Indonesia. Saat ini kita masih punya masalah dengan infrastruktur, tapi tidak menahan untuk implementasi, jadi selalu berprinsip untuk melakukan implementasi dengan kondisi terbatas. Karena bila dilakukan penundaan, akan semakin memperbesar kerugian negara : kira kira Rp. 400 triliun pertahun, kalau ditunda tiga tahun, kerugian akan menjadi Rp. 1200 triliun. Kabupaten Asmat di papua, saat ini sudah melakukan implementasi eProc. Strateginya adalah dengan mencari cara untuk mengatasi keterbatasan infrastruktur. Untuk adaptasi di setiap daerah, tidak hanya aspek teknis, tapi juga mencakup adaptasi mengenai business proses terkaitnnya. Pemilihan teknologi open source memungkinkan perhitungan TCO (Total Cost Ownership) menjadi sangat efisien, yang memang murah, dengan tidak mengurangi aspek kualitas sistem. Namun selain itu, dengan open source, sangat memungkinkan terjadinya pembangunan dan pengembangan sistem yang dilakukan secara bergotongroyong. Saat ini, paling tidak dari pengelola LPSE di Indonesian, dengan masing-masing kabupaten 5-10 orang, maka paling tidak ada 2.500 komunitas pengguna SPSE yang terus memberikan kontribusi pengembangannya. LKPP bekerja sama juga dengan AOSI dalam melakukan pengembangan SPSE dengan mekanisme pendekatan pengembangan yang berbasis open source dan pendekatan yang berkolaborasi. Mari kita galang kolaborasi kita, yang akan mewujudkan mimpi menjadi bangsa yang benar benar berdaulat di negara sendiri.

GAJAH MADA Room : W1D2 – Getting Started with node.js
(Anwari)

WIJAYA ROOM Room : W2D2 – Raspberry Pi – Internet of Things
(DR Bob Hardian/ Tonny A. Sabastian)

 Raspberry Pi Pak Bob 1

Day #2

“Pukul   13.00

ISYANA Room : Cyber Defense Competition


Cyber Compet 16

RAJASA Room : Komunitas Open Source Indonesia
(Noor Azam) 

AIRLANGGA Room : SiMAYA – OSS eOffice for Government Institution
(Ibenk Dwi Anggono)

 Simaya Pak Ibenk 2
GAJAH MADA Room : W3D2 – Network Performance Analysis
@Enterprise using Wireshark (Boy/ Bayu/ Garin Ganis MAPI) dihadiri oleh 30 peserta

Security Pak Garin 1
WIJAYA ROOM Room : W4D2 – Responsive Web Design/ Content Management Systems
(Resha/ Gita) dihadiri oleh 10 peserta

Day #2

Pukul   14.00

ISYANA Room : Cyber Defense Competition

 Cyber Compet 11

RAJASA Room : Komunitas Open Source Indonesia
(Noor Azam) 

AIRLANGGA Room : Document Management Systems with Alfresco
(Tiur Lumban Gaol) 

GAJAH MADA Room : W3D2 – Network Performance Analysis
@Enterprise using Wireshark (Boy/ Bayu/ Garin Ganis MAPI)

WIJAYA ROOM Room : W4D2 – Responsive Web Design/ Content Management Systems
(Resha/ Gita)

Day #2

Pukul   15.00

ISYANA Room : Cyber Defense Competition

 Juri Cyber Competition 1

RAJASA Room : Komunitas Open Source Indonesia
(Noor Azam)

 AIRLANGGA Room : Catfish: messenger made in Indonesia Aplikasi Rumah Sakit berbasis OSS
(Ario Nugroho)

GAJAH MADA Room : W3D2 – Network Performance Analysis
@Enterprise using Wireshark (Boy/ Bayu/ Garin Ganis MAPI) 

WIJAYA ROOM Room : W4D2 – Responsive Web Design/ Content Management Systems
(Resha/ Gita)

Day #2

Pukul   16.00

ISYANA Room : Cyber Defense Competition

Juri Cyber Competition 2

RAJASA Room : Komunitas Open Source Indonesia
(Noor Azam)

AIRLANGGA Room :  Network Security: DNS – Implementasi DNS-Sec pada pengelolaan Nama Domain
(Shiddiq PANDI)

GAJAH MADA Room : W3D2 – Network Performance Analysis
@Enterprise using Wireshark (Boy/ Bayu/ Garin Ganis MAPI)

WIJAYA ROOM Room : W4D2 – Responsive Web Design/ Content Management Systems
(Resha/ Gita)

Day #2

Pukul   17.00

 

 

 

 

 

 

ISYANA Room : A W A R D – W I N N E R S – C E R E M O N Y

Pemenang dan Juri Cyber Competition

 Cyber Compet 4

9

Bukti Sponsorship Berikut adalah beberapa bukti atas sponsorship yang diberkan oleh para pendukung ICROSS 2014 :

 IMG-20140425-WA0022
Backdrop

 IMG-20140425-WA0078
Banner Kominfo

IMG-20140425-WA0075
Banner Telkom

IMG-20140425-WA0067
Banner Microsoft

 IMG-20140425-WA0073
 Banner Ristek

10

Absensi Peserta Berikut adalah scan copy absensi peserta.

absensi 

absensi4

absensi5

absensi2

absensi3 

 

Leave a Reply

Skip to toolbar